Makna Hari Pahlawan


Ada yang ingat gak hari Pahlawan diperingati saat tanggal berapa??
Setap tanggal 10 November, bangsa kita merayakan hari Pahlawan. Pada saat itulah kita mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang. 

Mereka bersedia mengorbankan jiwa, raga, dan hartanya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan. Hari Pahlawan ini sebenarnya adalah peristiwa saat para pejuang kita bertempur mati-matian melawan tentara Inggris di Surabaya. 

Padahal saat itu, kita hanya punya beberapa pucuk senjata api, selebihnya, para pejuang menggunakan bambu runcing. Namun para pejuang tak pernah gentar. Masih ingatkah kita pada Bung Tomo yang mampu menyalakan semangat perjuangan rakyatnya lewat siaran-siaran radionya?? Setiap tahun kita memperingati hari Pahlawan. Namun, mutu peringatan itu menurun dari tahun ke tahun. Kita sudah tidak menghayati makna hari Pahlawan.

Bangsa ini sedang membutuhkan banyak pahlawan. Pahlawan yang mewujudkan Indonesia yang damai, Indonesia yang adil dan demokratis. Setiap orang harus berjuang menjadi pahlawan. Karena itu, hari pahlawan tidak hanya pada 10 November saja. 

Tetapi berlangsung setiap hari dalam kehidupan kia. Setiap hari kita berjuang peling tidak menjadi pahlawan untuk keluarga. Artinya, kita menjadi warga yang baik dan meningkatkan prestasi dalam kehidupan masing-masing. 

Naaah.. pertanyaannya sekarang, apakah kita sudah pantas menjadi seorang “PAHLAWAN”?

0 Response to "Makna Hari Pahlawan"

Posting Komentar